7 Tips Menjadi Remaja Yang Produktif

  • 3 min read
  • Jul 31, 2018

Cara menjadi Remaja Yang Produktif

Tentunya teman-teman semua ingin menjadi manusia yang lebih berguna bagi bangsa dan negara, Nah agar kita bisa menjadi lebih berguna bagi bangsa dan negara, kita harus mengasah kemampuan kita sejak usia muda/remaja.
Mengapa di usia muda/remaja??? kita tahu sendiri betapa penting nya peran-peran pemuda/remaja untuk menjadi generasi penerus bangsa baik itu di bangsa mana pun.

Pemuda sendiri di gambarkan sebagai titik tertinggi dalam perkembangan jiwa manusia sehingga dalam fase ini merupakan waktu yang sangat ideal bagi seorang untuk bebas melakukan apapun dalam hidup nya.

Pemuda juga di gambarkan sebagai seorang yang memiliki semangat tinggi, bertenaga, dan berintelektual.
Di Indonesia sendiri peran pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam kemerdekaan indonesia.

So, lalu bagaimana agar kita menjadi pemuda/remaja yang produktif yang tentunya juga akan bermanfaat kelak untuk masa depan kita nanti.

Baca juga : Kata Kata Bijak Terbaru Yang Wajib Anda Baca

Perbanyaklah Baca Buku

Salah satu yang menghambat produktivitas adalah miskin akan informasi. Maka dari itu carilah informasi dari berbagai sumber, melalui buku ataupun dari internet yang tentunya saat ini sangat mudah sekali di jangkau.

Tidak harus buku-buku informasi namun juga buku-buku pengetahuan yang nantinya akan menambah wawasan kita. Buatlah semacam target jumlah buku yang harus selesai dalam waktu tertentu.

Luangkan waktu mu untuk membaca buku, Tips dari saya,waktu yang tepat untuk kita membaca atau belajar adalah di waktu subuh setelah sholat subuh atau menjelang pagi hari.

Jangan Pernah Meremehkan Diri Sendiri

Berikutnya untuk menjadi pemuda/remaja yang produktif kita perlu memahami kemampuan mu, Terkadang kita menilai diri kita tidak mampu melakukan hal lebih, padahal sebenarnya kita mampu, terimalah kekurangan tersebut dengan ikhlas.

Jangan menjadikan kekurangan sebagai hambatan produktivitas mu, Tanamkan semangat hidup berprestasi dalam diri kita. Jadikan kekurangan sebagai rintangan tersendiri untuk kamu lalui.

Olahraga Yang Cukup

Hidup sehat adalah bagian terpenting dalam perjalanan menuju keberhasilan bagi kita, Tentunya jika kita sakit-sakitan produktivitas kita akan terhambat sebagai pemuda /remaja.

Di butuhkan fisik yang prima untuk dapat beraktivitas dalam waktu yang lama. Jangan lupa untuk olaharaga setiap hari. Meskipun kamu tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, luangkan waktu sedikit untuk menggerakan tubuh, Jogging di pagi hari atau senam di dalam ruangan. Serta imbangi olahraga dengan mengkosumsi makanan sehat dan gizi yang seimbang.

Harus Tetap Sering Berinteraksi

Apa hubungan interaksi dengan menjadi pemuda/remaja yang produktivitas??? Manusia juga membutuhkan interaksi dengan orang lain agar kondisi jiwa nya stabil.
Sehingga dengan kondisinya tersebut, produktivitas nya akan terjaga. Luangkan waktu untuk berinteraksi atau ngobrol dengan orang-orang di sekitar kita.

Temukan Passion Mu

Jadilah apa yang kamu inginkan, turuti apa kata hatimu karena jika sesuatu kegiatan yang tidak ada dalam keinginan kita akan cepat menimbulkan rasa bosan pada diri kita, jalanilah passion/gaya hidup sesuai dengan yang kita inginkan, itu sebab nya untuk menjadi diri sendiri itu sangat penting, kita tidak di tuntut untuk melakukan sesuatu yang bukan keinginan kita.

Nah, rasa bosan itu sendiri bisa menghambat tingkat produktivitas kita sebagai pemuda/remaja, maka lakukan kegiatan yang sesuai dengan keinginan mu akan membuat kita merasa kan kesenangan dalam kegiatan tersebut. Dan juga meningkat kan tingkat produktifitas mu.

Istirahat Yang Cukup

Jangan lupa untuk beristirahat, buatlah semacam jadwal harian agar kamu bisa hidup mu lebih teratur. Tentukanlah waktu istirahat mu agar di kegiatan berikut nya kamu dalam kondisi yang segar, jangan paksakan diri untuk terus melanjutkan kegiatan mu jika kamu sudah meraskan kelelahan.

Kamu bisa melakukanya tahap demi tahap, kamu tidak harus memaksakan diri untuk memenuhi jadwal harian mu. mulai sekarang buatlah jadwal harian mu dan lakukan lah pelan-pelan agar hidup mu terbiasa dengan jadwal yang telah kamu buat.

Tepati Semua Deadline Mu

Mantapkan niat kamu untuk menepati deadline yang telah ditentukan. Pikirkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi deadline tersebut. Deadline dibuat untuk ditepati dan bukan untuk dlanggar.

Deadline itu sendiri merupakan suatu tugas yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu.
Nah demikian lah tips dari diary motivasi pada kali ini  semoga bisa membantu kamu agar menjadi pemuda/remaja yang produktif.

Pada intinya semua tahap-tahap tersebut tidak harus kamu lakukan semuanya dengan cepat, lakukan tahap demi tahap secara perlahan sampai kamu bisa melakukanya secara rutin.
Semoga Bermanfaat,,,,,Wassalaam 🙂

Post Terkait :

One thought on “7 Tips Menjadi Remaja Yang Produktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *