Memulai Bisnis Sebagai Karyawan (tahap-tahap yang harus Anda lakukan)

  • 3 min read
  • Jul 26, 2018

Apakah untuk menjadi pengusaha/enterpreuner butuh modal dan persiapan yang matang??? atau Apa yang harus anda lakukan ketika anda menjabat sebagai karyawan perusahaan dan anda ingin memulai menjadi pengusaha???
Mungkin dari beberapa pertanyaan di atas ada di benak anda ketika anda ingin memulai menjadi seorang pengusaha.

Dan kali ini saya akan berbagi beberapa step awal untuk memulai bisnis anda ketika anda sendang menjabat sebagai karyawan perusahaan.

Dari beberapa Anda yang membaca artikel ini mungkin telah merasa bosan dengan pekerjaan anda sebagai karyawan perusahaan, atau Anda ingin memulai hal baru atau tantangan baru dalam perjalanan karir Anda.

Tentunya ketika Anda menggeliat di dunia kewirausahaan akan terasa sedikit berbeda dari biasanya ketika Anda menjabat sebagai karyawan, karena di sini Anda akan menjadi menjadi bos nya dan bukan lagi sebagai karyawan di bisnis Anda nanti.

Memang dunia kewirausahaan tengah begitu menggema saat ini. Beragam kalangan seakan tersedot perhatianya untuk berlomba-lomba menjadi seorang pembisnis. dari mahasiswa, karyawan, pekerja profesional, artis, bahkan pelajar, semua tertarik untuk jadi seorang pembisnis.

Nah bagi teman-teman yang berasal dari keluarga yang berlatar belakang bisnis tentu saja bukanlah perkara sulit. Kita bisa lihat keluarga-keluaga pembisnis, rata-rata anak mereka pun pasti juga dewasanya menjadi seorang pelaku bisnis.

Namun bagaimana kita yang saat ini masih berstatus karyawan?? Apakah kita para karyawan juga bisa menjadi seorang pelaku bisnis??? Tentu saja bisa, saya akan bagikan inspirasinya di artikel berikut ini.

 

Kelebihan Memulai Bisnis Dengan Latar Belakang Sebagai Karyawan

Seorang karyawan ataupun pekerja punya modal yang amat berharga untuk terjun ke bisinis. Modal tersebut adalah kemampuan menajeral + pemahaman tentang seluk beluk bisnis yang ia akan tekuni.

Contohnya seperti ketika Anda menjabat sebagai karyawan di salah satu perusahaan, tentunya Anda sedikit paham bagaimana perusahaan tersebut berjalan dan bagaimana perusahaan tersebut mengatasi masalah- masalah yang ada dalam perusahaan tersebut.

Dan hal itu bisa Anda terapkan pada bisnis Anda nantinya.

Tahap Tahap Terjun Ke Bisnis

  • Saran dari saya adalah Anda harus membentuk karakter produktif dalam diri Anda terlebih dahulu!! Ketika kita sudah punya karakter produktif tersebut, di mana pun kita berkarya kita akan tetap bermanfaat. Karakter seorang akan sangat menentukan prestasi yang ia hasilkan. Seperti apa karakter produktif yang saya maksud??? Krakter produktif ini artinya segala sesuatu yang mendukung kita untuk terus produktif dan memberi karya bagi orang lain.

 

  • Pantang menyerah, efektif dalam menggunakan waktu, rajin, jujur, adalah sederet contoh karakter positif yang amat mendukung produktivitas. Ketika Anda sudah punya karakter positif seperti ini, Orang akan yakin untuk berbisnis dengan Anda.

 

  • Lakukan apa yang bisa Anda lakukan saat ini, berikan karya maka suatu saat ‘momentum” tersebut akan datang. Begitu momentum hadir, kita tinggal menggunakanya untuk mulai terjun dan membangun sukses dalam bisnis.


“Darimana Mendapat Ide Bisnis Dan Model Bisnis Semacam Apa Yang Cocok???”
Kita bahas mulai dari ide bisnis. Ide bisnis ini bisa datang dari mana saja, Entah itu dari masalah keseharian Anda, dan lain sebagainya. Namun yang terpenting adalah pilihlah ide bisnis yang sudah ada pasar nya. ini sangat di rekomendasikan”

Kenapa? karena ketika Anda membuka bisnis lalu sudah ada pasar nya, maka kita bisa langsumg berjualan karena orang butuh produk kita. Lain halnya kalau kita mulai dengan ide yang sangat amat jarang. Ide yang masih “sepi” memang menyimpan potensi untuk meledak dan sukses.

Namun ketika Anda menggarapa pasar yang masih sepi, permintaan belum ada, maka kita perlu melakukan yang namanya edukasi pasar. Nah proses edukasi ini yang akan memakan waktu belum tentu nafas bisnis kita sanggup bertahan samapai pasar siap.

Oleh karena itu mulailah dengan yang paling sederhana, dan apa yang di butuhkan orang lain. Untuk model bisnis yang cocok, adalah model bisnis yang cashflow nya harian atau setidaknya bulanan. Clashflow harian artinya uang bisa masuk ke bisnis kita secara rutin (hampir setiap hari).

Contoh bisnis dengan clashflow harian misalnya rumah makan, jualan pulsa, toko di pasar, warung bakso, dll.
Nah kenapa harus clashflow harian??? jawabanya adlah karen bisnis yang baru di mulai perlu yang namanya uang. Uang untuk apa??untuk operasional bayar gaji atau kebutuhan hideup Anda sehari-hari.

Kalau Anda menjalankan bisnis yang sifat nya mendapatkan pendapatan lebih dari satu bulantentu kita perlu menanti lebih lama sampai uang masuk ke kas kita.

Dan kesimpulan artikel pada kali ini “sebaik-baiknya bisnis, adalah bisnis yang segera di mulai. Bisnis yang bukan hanya sebatas rencana dan angan-angan. Terjun, langkahkan kaki Anda ke medan bisnis. Jual sesuatu dan tebar manfaat dari sana.”

Sekian artikel motivasi pada kali ini semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis.
Wassalamm….. 🙂