Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Halus & Menyentuh

  • 6 min read
  • Okt 07, 2020
Kata kata bijak bahasa sunda

Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Singkat Penuh Makna – Bahasa sunda sangat dikenal oleh kebanyakan orang dengan kelembutannya yang super duper luar biasa, sehingga menjadikannya beberapa orang tertarik untuk mempelajarinya.

Sama halnya dengan saya pribadi, saya sangat suka sekali dengan bahasa sunda yang begitu unik dan enak didengar, sehingga inilah yang menjadi alasan saya untuk membuat artikel khusus kata kata bijak bahasa sunda, jadi apabila ada kesalahan penulisan ataupun makna, saya mohon untuk di koreksi dan dimengerti ya.

Dibawah ini telah kami kutip kata kata bijak bahasa sunda dari berbagai sumber yang super lembut dan dapat menyentuh hati bagi yang membacanya.

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Sunda

 Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh

Makna dari kata kata bijak bahasa sunda diatas adalah: Sesama manusia kita harus saling mencintai, memberi nasihat dan mengayomi. Memang hidup ini kita saling bergantung dan saling membutuhkan, maka dari itu kita harus bisa menyayangi orang orang yang berada di sekitar kita, sehingga orang orang yang berada disekitar merasa terkasihi, dan akan menimbulkan sifat tolong menolong.

Baca Juga: Kata Kata Bijak Motivasi Pembunuh Rasa Malas

Ulah ngaliarkeun taleus ateul

Artinya: Jangan menyebarkan hoax dan saling memfitnah. Seperti yang kita ketahui bersama, di sosial media ada banyak sekali berita berita bohong yang bertebaran, sehingga akibat dari berita hoax ini menimbulkan kekacauan dan kegaduhan, akibatnya akan terjadi perang antar saudara.

Mulih ka jati, mulang ka asal

Arti dari kata kata bijak bahasa sunda diatas adalah: Semua berasal dari Yang Maha Kuasa, dan akan kembali kepada Yang Maha Kuasa. kata kata ini sangat cocok dicupakan kepada teman, sahabat, saudara/kerabat yang mengalami musibah ataupun yang sedang mendapatkan kabar duka.

Musuh anu kalintang bahaya di dunya iéu nyaéta rarasa’an siéun saréng hariwang.

Artinya: musuh yang paling berbahaya dalam kehidupan ini adalah rasa takut yang terlalu berlebihan, kata kata ini ada benarnya juga.

Ketika kita ingin membuka sebuah usaha, namun rasa takut yang timbul seperti takut tidak laku, takut rugi takut bangkrut, maka bisa saja kita membatalkan niat tersebut, padahal seharusnya kita mencoba terlebih dahulu, urusan laku atau tidak laku adalah urusan belakangan, yang terpenting kida kudu mencoba, kudu berusaha, masalah hasil biarlah Allah SWT yang menentukan.

“Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing”

Artinya: Biarpun tidak kuat berlari, tapi janganlah berhenti, (berjalanlah jika tidak kuat berlari.

Makna dari kata kata diatas menurut saya cukup menarik, ketika anda belum mencapai kesebuah tujuan, jangan pernah berhenti, teruslah berjalan, jika tidak kuat untuk berjalan maka merangkaklah, jika tidak kuat merangkak ngesotlah, jika tidak kuat ngesot berhentilah sejenak, jika rasa lelah telah hilang lanjutkan kembali perjalanan. Yang terpenting jangan pernah memutar arah tujuan.

“Tong gedé hulu bisi teu bisa maké hélm”

Artinya: jangan besar kepala, nanti kamu tidak bisa pakai helm.

Maknanya iyalah kita sebagai manusia tidak boleh terlalu angkuh dan sombong, karena manusia sudah bisa dipastikan saling membutuhkan.

Moal mundur satunjang béas dina bebeneranmah

Artinya: Jangan pernah mundur jika sedang memperjuangkan kebenaran, meskipun kita ditentang oleh pemangku kekuasaan kita harus tetap ngotot dan ngeyel. Buktikan kalau apa yang kita perjuangkan itu benar.

Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Singkat Penuh Makna

Pada sub bab ini kami sajikan kata kata bijak bahasa sunda yang singkat namun memiliki makna/arti yang sangat berharga dan menyentuh.

Baca juga: Kata Kata Lucu Terngakak versi warga +62

“Sateu acan arurang nunjukeun panangan sareng terus nyalahkeun ka diri sorangan, cobi inget heula, yen hanteu aya jelmi saurang oge, nu luput tina segala kesalahan atanapi dosa”

Artinya: Sebelum menyalahakan diri sendiri, cobalah ingat bahwa manusia ini tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Jadi jangan terlalu berlarut larut dalam menyalahkan diri sendiri.

“Sa’acan urang ngaros cape sareng ngerasa ngeluh kana pegawean nu keur urang lakukeun, cobi pikirkeun heula ka maranehena anu ngalanggur, jalmi jalmi anu cacat, anu ngeharepkeun ngangaduhan pegawean siga urang”

Artinya: Sebelum kita mengeluh dan merasa capek atas pekerjaan yang sedang kita lakukan cobalah terlebih dahulu berfikir dan bersyukur atas apa yang telah diberikan, karena ada banyak sekali orang diluar sana yang mengharapkan pekerjaan yang sedang kita kerjakan pada saat ini, dan cobalah lihat orang yang cacat yang ingin melakukan pekerjaan namun terhalangi karena keterbatasan fisiknya.

“Sa’acan urang ngerasakeun ngeluh ka barudak urang. pikirkeun heula ka jalmi anu mandul, anu hoyong pisan ngaduduhan anak”

Artinya: Sebelum anda mengeluh kepada anak karena kenakalannya, cobalah terlebih dahulu pikirkan orang orang yang kepengen memiliki anak namun mandul (belum dikaruniai anak oleh Allah SWT), maka dari itu tetaplah bersyukur, karena anda termasuk orang orang yang beruntung diantara ribuan orang yang tidak bisa memiliki anak diluaran sana.

“Sateuacan urang ngaluh kana imah arurang nu kotor, ku sebab hanteu aya pembantu nu ngabersihkeunana. Cobi pikirkeun heula ka jalmi jalmi nu hirup dijalanan anu cicing dina saung”

Artinya: Sebaiknya jangan mengeluh dengan rumah kita yang kotor dikarenakan kita tidak mempunyai pembantu, cobalah lihat orang diluar sana yang tidak memiliki rumah yang tidurnya dibawah kolong jembatan”

“Lamun anjeun mikahayang hiji perkiwis nu hanteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjeun keudah lakukeun hiji perkawis, nu hanteu acan kantos anjeun pigawean”

Artinya: Jika anda menginginkan sesuatu yang belum anda miliki, maka anda harus melakukan pekerjaan yang sebelumnya belum pernah anda lakukan/kerjakan. Makanya ketika kita mengharapkan sesuatu kita harus bisa berusaha lebih giat dari apa yang telah kita usahakan sebelumnya.

Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan”

Artinya: Yang namanya hidup mah sudah bisa dipastikan banyak cobaan, jika banyak saweran itu namanya biduan/artis yang lagi dangdutan

“Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.”

Artinya: Ala bisa karena biasa, orang orang itu mampu menyelesaikan masalah karena mereka sering menyelesaikan masalah (Kita mampu menyelesaikan masalah kalau kita sering menyelesaikannya)

“Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok”

Artinya: Jadi seorang pemuda jangan pernah menyerah sebelum bertarung, coba aja dulu semua keinginan gila kita, siapa tahu bakalan berhasil.

“Lalaki sajati mah tara lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang”

Artinya: Jadi seorang laki laki sejati jangan pengecut, jangan pernah mengingkari janji. Lelaki sejati itu yang dipegang omongannya, semua omongannya harus bisa dibuktikan dengan tindakan

“Sajaba ti bilatungan téh manusa mah bakal balitungan”

Artinya: Manusia itu akan dimakan belatung, yang akan dihitung amal sholehnya, jadi pergunakan masa hidup dengan baik dan bijak, jangan pernah menyia nyiakan waktu pada semasa hidup

“Mipit amit, ngala bébéja, datang katinggali tarang indit katinggali punduk”

Artinya: Ketika datang kita permisis, maka jika kita henda pergi maka sebaiknya juga harus pamit. Sebagai manusia kita harus menjaga etika dan sopan santun kepada tuan rumah pada saat sedang bertamu, Ataupun diizinkan/tidak diizinkan kita harus pamit kepada kedua orang tua ketika kita hendak pergi kemanapun.

Kata Kata Bahasa Sunda Untuk Status Fb

Bingung mau bikin status apa di media sosial? dibawah ini ada kata kata bijak bahasa sunda yang cocok anda jadikan sebagai status facebook, status whatsaap ataupun story/caption diinstagram. Dengan membuat status kata kata bahasa sunda ini di sosial media milikmu, kami yakin orang yang membacanya akan terpukau dan pastinya akan mengundang interaksi yang banyak, karena kata kata dibawah ini memiliki arti yang sangat menyentuh, halus dan ngena di hati

“Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah”

Maknanya: Jangan banyak bicara, jangan banyak kritik jika anda sendiri tidak bisa membuat sesuatu yang lebih baik dari orang yang anda komentari

“Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar”.

Maknanya: Kalau hidup jangan lurus lurus banget layaknya sebuah penggaris, kadang ada masanya kita harus sedikit berbelok, layaknya kita sedang berada disebuah jalanan, jika ada lubang/jalan yang rusak sebaiknya kita menghindar agar tidak jatuh jika kita menabraknya.

“Hariring lain nu kuring, haleuang lain nu urang. Hariring kagungan Nu Maha Wening, Haleuang kagungan Nu Maha Wenang”

Maknanya: Sebagai manusia, kita ini tidak memiliki apa apa, semua yang kita miliki hanyalah titipan dari yang maha kuasa, jadi jangan pernah sombong dan bangga dengan apa yang kita miliki pada saat ini, karena sewaktu waktu Allah bisa mengambil dan mencabut semuanya.

“Ngagugu napsu mah awak matak kaduhung, awak bakal katempuhan”

Maknanya: Hal yang paling berat untuk dilawan adalah “Hawa Nafsu” karena akal sehat akan kalah dengan hawa nafsu, hanya iman yang kita miliki yang mampu menumpasnnya. Dan apabila kita menuruti hawa nafsu, maka badan kita, bathin kita justru malah akan tersiksa, karena hawa nafsu itu sifatnya sementara”

“Sabar téh lain dicabok pipi kénca dibikeun pipi katuhu. Lain ditampiling cicing, ditajong morongkol, digebug murungkut”

Maknanya: Sabar itu bukan ketika pipi kiri anda ditampar lalu dikasih pipi kanan lagi untuk ditampar, Sabar itu bukan ketika kita dipukul diam, ditendang diam, dihujat diam dan dihina diam.

“Lamun neda ka Pangéran, muntang ngeumbing ka Gusti. Sabab lamun ménta ka manusa, matak bosen nganti-nganti”

Maknanya: Jika meminta dan memohon jangan pernah kepada manusia, mintalah, memohonlah kepada Allah yang Maha Segalanya. Karena jika kita berharap kepada manusia, kita bisa dikecewakan olehnya.

“Bengkung ngariung bongok ngaronyok”

Maknanya: Hal yang paling penting saat menghadapi masalah adalah kekompakan, kebersamaan. Sehingga ketika sebuah masalah dihadapi bersama sama maka akan terasa sedikit lebih enteng untuk dilewati.

“Mun geus johnamah moal kamana ieuh “

Maknanya: Jangan takut perihal jodoh dan rezeki, karena jodoh dan rezeki itu sudah ada yang ngatur, yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkannya.

“Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih”

Maknanya: Untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, kita harus secara terus menerus mencari tahu dan belajar tentang bidang tersebut, tanpa takut gagal, tanpa takut bosan dan pantang menyerah.

“Kabagiaan teh sanes ku seerna harta, kabajaan teh ayana dina hate nu teu weleh ngucap sukur”

Maknanya: Kebahagiaan itu tidak melulu soal harta, tetapi kebahagiaan akan datang kepada orang yang senantiasa selalu bersyukur atas apa yang telah didapatkannya.

Demikianlah artikel tentang kata kata bijak bahasa sunda beserta artinya, apabila ada kesalahan dalam penafsiran silahkan beritahu kami dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang ada dibawah, jika dirasa artikel ini cukup bermanfaat jangan lupa di share kepada sanak saudara, Terima kasih…\

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *