bagaimana cara memotivasi diri sendiri
Motivasi

7 Cara Mudah Memotivasi Diri Sendiri

Cara memotivasi diri sendiri- Memiliki motivasi yang kuat dalam hidup merupakan salah satu aspek terpenting dalam menghadapi sebuah masalah,  hal ini agar kita selalu belajar bahwa hidup memang harus tabah ketika ujian datang.

Memang setiap manusia memiliki problem dalam hidupnya masing masing, namun banyak sekali orang yang merasa bahwa masalah yang di hadapinya terlalu besar, sehingga mereka tidak sanggup untuk melewatinya, tentu hal ini akan menyebabkan dirinya semakin down dan tidak berdaya sama sekali.

Disinilah peran motivasi dalam kehidupana agar kita tidak malas mencari jalan keluar ataupun solusi ketika badai datang menghantam. Lalu bagaimana cara memotivasi diri sendiri? yuk di baca hingga tuntas agar anda selalu memiliki motivasi dan semangat yang tinggi,

Manfaat Memotivasi Diri Sendiri

Sebelum masuk ke inti pembahasan pada kali ini, saya ingin memberikan sebuah pengetahuan sederhana saya tentang manfaat memotivasi diri sendiri. Sependek yang saya ketahui setidaknya ada 5 manfaat memotivasi diri sendiri yang harus anda ketahui.

Memberikan Energi Positif

Menurut riset yang telah saya lakukan, ternyata memotivasi diri sendiri dapat selalu memberikan energi positif. Kabar baiknya, energi positif ini dapat membuat anda menjadi lebih bahagia serta damai dalam menjalani kehidupan pada saat ini. Sehingga jiwa anda akan merasa tentram dan damai meskipun masalah yang datang bertubi tubi.

Dapat Memberikan Semangat

Di tengah rutinitas harian anda yang super duper padat dengan kegiatan, ternyata dengan memotivasi diri sendiri juga dapat menambah semangat anda dalam mengerjakan suatu aktivitas harian. ketika semangat dalam diri anda meningkat, anda dapat menyelesaikan pekerjaan ataupun tugas harian secara maksimal dan lebih efektif dari sebelumnya.

Memiliki Alasan Yang Kuat Untuk Sukses

Siapa sih yang tidak mau sukses? tentu semua orang akan menjawab “saya ingin sukses”, definisi sukses sendiri menurut saya tidak bisa dijabarkan dengan sebuah kalimat yang simple, karena setiap orang memiliki definisi dan argumennya masing masing.

Bisa saja orang yang baru mendapatkan pekerjaan merasa dirinya telah sukses, ataupun orang yang bisa membangun rumah sederhana juga merasa dirinya telah sukses.

Dengan memiliki motivasi, anda akan memiliki alasan yang kuat untuk meraih semua impian anda, sehingga ketika rasa malas datang, akan dengan mudah diusir dengan sebuah alasan yang kuat mengapa anda harus sukses!.

Harus Mempunyai Mimpi Ataupun Cita Cita

cara motivasi diri sendiri

Tidak mudah memang untuk memotivasi diri sendiri, tetapi juga tidak mungkin rasanya kalau kita tidak bisa memotivasi diri sendiri.

Dalam beberapa kasus, ada banyak sekali orang yang ketika ditanya “Apa cita citamu?/Apa rencanamu di masa depan?” mereka bingung ketika ingin menjawabnya. Hal inilah yang dapat menimbulkan energi negatif dalam hidup, sehingga mereka tidak tau harus berbuat apa? harus bagaimana selanjutnya?.

Rencana adalah salah satu bagian yang sangat sangat penting dalam hidup, tanpa adanya sebuah rencana, keproduktifitasan kita akan menurun secara drastis. karena kita bingung mau berbuat apa, kita semakin tidak memiliki tujuan dalam hidup, tidak memiliki arah, seperti orang yang tersesat ketika sedang mendaki gunung, mereka tidak tahu harus berbuat apa selain harus bisa untuk bertahan hidup.

Jadi, ketika anda ingin mempunyai motivasi dan semangat dalam hidup, anda harus memiliki sebuah impian ataupun angan angan, seperti sepenggal kata kata bijak bung karno di bawah:

“Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh  diantara bintang bintang dan awan”

Dari quotes bung karno diatas, kita bisa belajar bahwa hidup ini harus mempunyai impian dan cita cita setinggi tinggnya.

Miliki Target Dalam Hidup

Jika anda seorang sales, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “target penjualan”, jika anda tidak mencapai target yang telah disepakati/ditentukan, tentu anda akan tahu apa konsekuensi terburuk dari atasan anda, DIPECAT! ya, seorang sales akan dipecat ketika tidak mencapai target yang diharapkan dari perusahaannya (konsekunesi terburuknya).

Setelah anda mengetahui konsekunsi terburuknya, dan anda tidak mampu mencapai target ketika tanggal sekian. tentu hal ini akan memicu anda utuk bekerja lebih ekstra lagi, lebih menggila lagi dalam melakukan marketing.

Begitu pula dengan hidup, anda harus mempunyai target. ketika deadline, tentu ini akan memicu semangat anda untuk bekerja dan berusaha lebih giat dan lebih maksimal lagi agar target yang anda harapkan tercapai.

Dalam memubuat sebuah target, saya menyarankan jangan terlalu membuat target yang begitu besar dan wah serta mustahil untuk anda capai.

buatlah target yang sederhana dan sekiranya mampu anda capai, jangan lupa untuk tetap fokus dengan target yang anda harpakan dan ketahui apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Selalu Bersyukur

Setelah berusaha dan bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai target dalam hidup anda, namun anda gagal mencapainya, maka yang harus dilaukan adalah “tetap beryukur”.

Anda harus selalu beryukur meskipun target yang diharapkan tidak tercapai, lalu bagaimana caranya beryukur?

Ingat, anda masih diberi kesempatan untuk hidup oleh Allah SWT, mengkoreksi mengapa anda gagal dan menjauhkan berbagai penghambat mengapa anda gagal mencapainya.

Tidak hanya itu, bersyukur juga bisa dilakukan dengan cara menyadari nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada anda, seperti nikmat kesehatan, nikmat memiliki pakaian serta masih bisa menghirup oksigen secara gratis tiss.

Coba bayangkan saja anda harus membeli oksigen untuk bernafas, tidak memiliki pakaian ketika sedang melakukan pekerjaan. pasti akan lucu dan kacau bukan?

Memberikan Redward/Hadiah Kepada Diri Sendiri

Meskipun anda gagal dalam mencapai target, ataupun anda berhasil mencapainya. anda harus memberikan imbalan kepada diri sendiri, ini salah satu bentuk bahwa anda menyayangi diri sendiri.

Tapi harus sesuai dengan porsinya, kalau gagal ya sedikit imbalan, kalau berhasil ya banyak imbalan.

Misalnya ketika anda berhasil dalam mencapai target dalam hidup anda, anda akan berlibur kepantai, ke mall untuk belanja, atau aktivitas apapun itu yang dapat membuat otak anda menjadi segar/fresh kembali.

Sedangkan kalau anda gagal, anda bisa memberi redward kepada diri anda dengan bermain game, jalan jalan bareng teman, tidur dan lain sebagainya, pokoknya imbalan pada saat anda gagal harus lebih kecil dibandingkan ketika anda mampu menncapainya.

Membaca Kata Kata Motivasi

Untuk memotivasi diri sendiri, anda harus bisa merubah semua kebiasaan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kegiatan positif.

Kalau saya pribadi, saya sangat suka menghabiskan waktu luang untuk menonton video motivasi dan membaca artikel kata kata motivasi, dibandingkan menghabiskannya untuk bermain game!

Setiap orang pasti memiliki sepenggal ataupun beberapa kata kata motivasi yang menginspirasi, contohnya saja presiden kita (indonesia) yang ketiga: “bj habibie” bapak nomor satu dibidang teknologi ini memiliki sebuah pegangan atau filososi di dalam hidupnya.

Ketika pak habibie ditanya. mengapa bapak selalu bersemangat ketika sedang belajar ataupun bekerja? jawaban beliau hanya 3 kata, yaitu “saya mentalitas sepeda” ketika saya berhenti mengayuhnya maka saya akan jatuh.

jika ini dikaitkan dengan kehidupan maka akan memiliki makna yang seperti ini: “ketika saya berhenti belajar/bekerja maka saya akan mati”, inilah sebuah kata kata motivasi yang dijadikan pedoman dalam hidupnya sehingga mampu berjaya dan sukses dalam membuat pesawat terbang.

Maka saya sangat menyarankan anda untuk menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang memiliki banyak manfaatnya, daripada harus dihabiskan dengan bermain game!.

Lupakan Masa Lalu

Tahukah anda, bahwa hanya ada 3 didalam siklus hidup kita. yang pertama adalah kemarin, yang kedua adalah hari ini, dan yang ketiga adalah besok!.

Kemarin= Masa lalu, yang artinya tidak bisa diulang kembali.

Hari ini= Yang sedang anda hadapi sekarang, salah satu faktor penentu masa depan (anda melakukan apa saja hari ini? maka akan berdampak pada masa depan anda)/

Besok= Masa depan (Sebuah misteri yang tidak kita ketahui, tapi masih bisa diprediksi namun bisa saja salah).

Jadi masa lalu termasuk ke dalam siklus yang pertama, yaitu kemarin. Ada banyak sekali orang yang menyesal dan berlarut larut dalam kesedihan atas masa lalu yang telah dilakukanya.

Disinilah energi negatif mulai mendatangi anda, mulai menghambat keproduktifitasan kita, karena kita terlalu berlebihan dan terlalu menyesali atas masa lalu, padahal masa lalu tidak akan pernah bisa di ulang kembali, kecuali kita memiliki doraemon yang memiliki pintu ajaib, yang dapat kembali kemasa lalu!.

Boleh menyesal dan menangis sekencang kencangnya, tapi jangan terlalu berlebihan ya, karena dapat menimbulkan efek yang luar biasa negatif, sehingga kita selalu dihantui dengan pikiran bahwa kita tidak akan memiliki masa depan yang cerah.

Ingat Orang Tua Dan Keluarga

Sedikit ingin bercerita kepada anda, pernah suatu ketika saya berada dimasa masa sulit yang begitu mengkhawatirkan ketika sedang ngekost!

Ya tahu sendirilah anak kost itu seperti apa dan bagaimana kehidupannya, malam itu, tepat pukul jam 10 malam terdengar bunyi yang begitu mengerikan dan mencengangkan.

Jujur saya penasaran dengan suara yang aneh ini, secara spontan saya mendekati sumber suara yang tidak jauh dari telinga saya, setelah di dengar dan di teliti, ternyata suara yang aneh nan mengerikan itu berasal dari perut saya!

Ya perut saya mengeluarkan bunyi yang aneh tersebut, perut saya keroncongan alias lapar!.

Pada saat itu memang jam makan saya terancam, bak kata telur yang berada di ujung tanduk, ada goncangan sedikit maka telur tersebut akan jatuh ke lantai dan kemudian pecah terurai.

Jujur rasa lapar yang tidak tertahan tersebut membuat saya ingin menangis dan menyesali mengapa saya dilahirkan dikeluarga yang kurang dari berkecukupan.

Namun sejenak saya menghela nafas, mungkin Allah ingin menguji kesabaran saya dan Allah ingin saya tetap bersyukur!.

Tidak lama, terbayanglah muka kedua orang tua saya yang telah keriput dan rambutnya yang sudah mulai memutih, membuat saya tidak bisa menahan derasnya air mata mengucur dipipi, dan menangis tersedu sedu.

Namun dibalik itu semua, rasa lapar yang begitu mengkhawatirkan hilang dalam sekejap, pergi tak tau entah kemana arahnya ketika saya terbayang wajah kedua orang tua dan mengingat semua keluarga saya.

Justru malah muncul pikiran ingin bekerja dan belajar bersungguh sungguh agar saya dapat merubah nasib keluarga saya yang serba berkecukupan ini.

Dari situlah saya mulai berfikir dan mencari cara bagaimana saya bisa menghasillkan uang dengan modal yang sangat minim, dan dari situlah blog ini bisa terlahir.

Hanya dengan memanfaatkan sebuah gadget xiaomi dan pengetahuan saya tentang menulis yang serba minim ini, saya bertekad untuk membangun dan ingin berbgai cerita serta motivasi dan inspirasi hidup.

Agar ketika orang yang membaca semua tulisan tulisan saya dapat kembali bangkit dan semangat dalam meraih cita citanya.

Jadi kesimpulan dari cerita singkat diatas iyalah “bahwa dengan mengingat orang tua dan keluarga, kita mampu termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi” serta dapat menguatkan kita dalam menghadapi berbagai macam cobaan hidup yang sedang dihadapi.

saya rasa artikel ini sudah lumayan panjang, Jadi ada 7 kesimpulan yang harus anda lakukan untuk memotivasi diri sendiri, yaitu:

  1. Harus mempunyai mimpi dan cita cita
  2. Buat target dalam hidup, sehingga anda akan terpacu untuk mencapainya
  3. Selalu bersyukur
  4. Memberikan hadiah kepada diri sendiri (salah satu bentuk menyayangi diri).
  5. Membaca kata kata motivasi
  6. Lupakan masa lalu
  7. Ingat kedua orang tua dan keluarga
  8. Nonton video motivasi

Oh iya, sebagai bentuk rasa kepedulian anda kepada teman ataupun kerabat yang tidak memiliki motivasi, anda boleh membagikan artikel ini kepada mereka ataupun membagikannya melalui status sosial media yang anda miliki, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadikan amal jariyah untuk kita semua amin, salam diary motivasi!.