Motivasi

Semuanya Terlihat Sungguh Amat Membosankan

Mungkin tidak hanya saya  saja yang merasakan akan hal yang begitu memuakkan dalam hidup ini, yaaaa, rasa yang dapat membuat kehidupan menjadi hambar, tidak ada rasa bahagia, semuanya terlihat biasa saja.

Malam ini, saya begitu merasakkan dimana saya begitu jenuh dengan hidup, perasaan ingin sukses, ingin menjadi manusia yang baik seketika hilang begitu saja.

Bagaikan ditelan jauh kedalam perut bumi, semua mimpi mimpi saya terkubur oleh rasa yang begitu tidak mengenakan ini. Entah apa penyebabnya, tapi yang pasti saya sudah lelah dengan semuanya.

Lelah dengan semua pekerjaan, lelah dengan skripsi yang sedang saya rintis, lelah dengan pikiran yang sangat sulit untuk diajak kompromi agar berhenti memikirkan hal hal yang tidak penting.

Tapi apa boleh buat, kenyataan yang pahit ini memang benar begitu adanya, saya tidak mampu menghindarinya, apalagi untuk mencoba lari dari kenyataan yang amat pahit ini.

Ah sudahlah, mungkin semua karena saya terlalu banyak menghabiskan waktu dengan hal yang tidak begitu penting dalam hidup saya. Jadinya rasa yang paling saya takutkan tersebut datang untuk menetap pada pikiran saya.

Gundah, gulana, tidak bisa tidur adalah kebiasaan saya dalam menjalani kehidupan sehari hari. saya tidak mampu untuk menolaknya.

Namun kabar baiknya, ternyata rasa bosan itu bisa saya bungkam dengan cara melampiaskannya melalui tulisan saya yang mungkin bagi sebagian orang tidak nyambung, tidak enak dibaca.

Yaa, dimulai dari memasak air untuk menyeduh kopi sachet milik teman saya yang saya ambil tanpa sepengetahuannya, kemudian serambi menyalakan laptop dengan menekan tombol power yang ada di bagian sudut kanan atas keyboard laptop asus milik saya.

Lalu pikiran yang begitu berat, bak kata drum yang diisi air namun melewati kapasitasnya sehingga amber (melimpah) keluar, Perlahan mulai terasa enteng, tidak ada beban sama sekali.

Saya yakin, setiap orang pasti pernah mengalami fase yang satu ini, yaitu “Jenuh dengan kehidupan”.

Yang perlu anda ketahui, mungkin setiap kita bisa berbeda beda dalam mengatasi rasa bosan yang berkepanjangan ini. Kalau dengan diri saya sendiri, saya melampiaskannya dengan cara menulis artikel yang sedang anda baca ini!.

Namun yang pasti, rasa bosan itu pasti bisa diusir dengan berbagai macam cara.

Sebelum mengusirnya, tanyakan kepada diri sendiri, “Apa sih yang saya mau dalam hidup ini/apa sih yang saya inginkan dalam hidup ini?”

Biasanya, bosan akan muncul ketika kita memimpikan akan sesuatu hal namun belum terealisasikan alias belum terwujud. Yaa walaupun kita sudah berusaha untuk menggapai impian kita tersebut, tetap saja belum kesampean.

Nah bagi sobat pembaca setia diary motivasi, sedikitnya ada 3 tips cara mengatasi rasa bosan dalam hidup, saya berharap, setelah  anda membaca artikel ini, segera langsung mempraktekannya, agar anda juga bisa merasakan energi luar biasa yang seperti saya alami.

Mencoba sesuatu yang baru

Rasa bosan, tidak puas, kurang bersyukur sepertinya memang salah satu sifat manusia yang paling susah untuk dijauhi.

Salah satu penyebab seseorang bosan adalah melakukan hal yang sama setiap harinya, namun tidak ada perkembangan dalam dirinya.

Kalau saya menyebut ini dengan nama “Lingkaran Setan”.

Dikatakan lingkaran karena sebuah bulatan tidak mempunyai ujung, sedangkan setan adalah salah satu momok yang begitu mengerikan bagi manusia.

Lah bagaimana tidak bosan?

Coba anda bayangkan, misalnya anda ingin menjadi pengusaha yang sukses dan kaya raya, lalu anda mencoba berjualan sesuatu, namun setelah hampir genap dua tahun, anda tidak berhasil menjual satupun barang dagangan anda!.

Padahal setiap harinya anda sudah melakukan promosi dimana mana, namun tidak ada pembeli yang mau membelinya, dan ini anda lakukan selama 2 tahun!

Kira kira apakah anda akan tetap melanjutkan jualan hingga 2 tahun tanpa ada satu orang pembelipun?

Pasti kebanyakan orang akan menjawabnya tidak!

Sebenarnya, ini yang salah adalah diri kita sendiri, karena tidak pernah menggunakan metode jualan yang baru, teknik promosi yang baru.

Dalam kehidupan, kita perlu mencoba sesuatu yang baru, mencoba cara baru agar tidak mengundang jenuh dalam hidup ini.

Apapun yang sedang anda lakukan sekarang, cobalah dengan cara yang baru, contohnya anda adalah seorang blogger, setiap hari anda menulis di dalam kamar menggunakan laptop, ketika rasa rasanya anda mulai malas membuat artikel, “cobalah sesuatu yang baru”.

Misalnya dengan cara refresing dipantai ,kemudian mengganti media tulis anda yang awalnya laptop menjadi pena dan buku. Serambi di tiup angin sepoi sepoi, tentu nikmat menulis akan sangat berasa, sensasi yang luar biasa juga turut berpartisipasi dalam jiwa anda.

Baca Kembali Semua Impianmu

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, rasa jenuh dalam hidup akan muncul ketika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, namun tidak sesuai ekspekstasi yang diharapkan.

Akibatnya, lama kelamaan kita akan merasakan patah semangat, dan akhirnya merasakan bosan.

Ada banyak sekali orang yang menuliskan cita cita nya di dalam sebuah buku, namun terkadang mereka tidak sadar dengan kemampuan dirinya sendiri, mereka merasa mampu untuk mewujudkan impiannya. padahal kebalikannya, mereka menulis mimpi yang rasanya mustahil untuk di gapai dalam jangka waktu yang sangat singkat (misalnya setahun).

Memang tidak ada yang salah dalam menuliskan mimpi yang rasanya mustahil dalam jangka waktu dekat.

Namun, ketika anda jatuh/gagal dalam meraihnya, anda akan kehilangan semangat, dan pada akhirnya putus asa.

Padahal sebenarnya bukan tidak berhasil untuk meraihnya, lebih tepatnya adalah “butuh waktu dan usaha yang lebih”

Maka dari itu saya sangat menyarankan anda untuk membuka kembali buku mimpi yang telah anda tulis sebelumnya.

kemudian baca dan tanyakan pada diri anda, apakah dengan usaha saya yang selama ini telah dilakukan pantas untuk mendapatkannya?.

Apakah doa doa yang telah saya panjatkan sudah cukup untuk membantu saya dalam mewujudkan impian saya?

Setelah dibaca, koreksilah.

Tulis impianmu yang baru dan sekiranya bisa di raih dalam jangka waktu dekat. Dengan begitu, anda tidak akan pernah merasakan yang namanya gagal, dengan catatan harus diiringi usaha dan doa yang sepadan!

Tidak hanya itu, sebenarnya dengan membaca kembali buku impian anda, semangat yang hilang akan kembali, asa yang pergi akan pulang (Renungilah dan berkhayal bahwa anda sudah berada pada titik tertinggi tersebut).

Merenung

Ini adalah cara yang paling terakhir, ketika semua usaha untuk mengatasi jenuh sudah saya lakukan. Menurut pengalaman pribadi saya sendiri, ketika saya sudah mulai bosan dengan semuanya, saya lebih suka menyendiri, merenung dan kemudian menikmati rasa bosan tersebut.

Perih memang menahan bosan yang amat sangat memuakkan ini.

Lantas mau bagaimana lagi? semua cara sudah saya coba dan lakukan. Mulai dari refreshing, bermain game, nonton film dan lain sebagainya.

Mau tidak mau, enak tidak enak ya dinikmati saja, saya hanya bisa merenung dan mengumpulkan energi agar bisa semangat lagi dalam menjalani kehidupan yang penuh lika liku ini.

Biasanya, untuk kembali bersemangat lagi, saya butuh waktu 1 harian full dalam merenung dan memikirkan arah dan tujuan hidup.

Saya rasa, curhat saya cukup sampai disini dulu, ini saya lakukan karena saya sedang mengatasi rasa bosan yang tidak berkesudahan hehe, semoga artikel ini bermanfaat!